Blog Post

Stimlash Jaya Gratiskan SPP Bagi Mahasiswa Tidak Mampu

stimlashSekolah Tinggi Ilmu Manajemen Lasharan Jaya (STIMLASH JAYA) Makassar, membebaskan pembayaran SPP bagi mahasiswa tidak mampu. Ketua STIMLASH Jaya Dr H Sahban Liba MM kepada PARE POS mengatakan, langkah itu dilakukan dalam upaya membantu pemerintah memberikan kesempatan kepada alumni SMA. Dia menjelaskan, pemberian kuliah gratis ini diprioritaskan kepada siswa asal Sulsel. Namun harus memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh internal sekolah tinggi yang berlokasi di Jl Abdullah Dg Sirua Makassar itu.

“Syaratnya mudah saja, cukup membawa STTB lulusan 2008-2010 disertai surat keterangan tidak mampu dari kelurahan atau desa dan dilengkapi surat pernyataan untuk bersungguh-sungguh mengikuti perkuliahan,” jelasnya. Seterusnya dia juga mengatakan, untuk mahasiswa bebas SPP ini mereka diberikan kelas khusus. “Jadi, tidak bergabung dengan mahasiswa umum. Mereka ini terbebas dari SPP dan biaya pembangunan kampus, sehingga beban orang tua bisa menjadi ringan tentunya,” ujarnya. Diutarakan olehnya, soal dana dia sendiri menyisihkan sebagian penghasilannya untuk membiayai kelas kuliah bebas SPP 100 persen tersebut. “Alhamdulillah ada saja rezeki yang disisihkan untuk membiayai kelas kuliah gratis ini. Jika pemerintah hanya menggratiskan pendidikan hingga tingkat SMP, kami sudah pada pendidikan tingkat tinggi,” katanya. Sejauh ini, sudah dua angkatan yang telah menjalani perkuliahan di kampus STIMLASH Jaya. “Tapi tentunya hanya calon mahasiswa yang berprestasi saja saat di SLTA yang kami akomodir untuk mendapatkan fasilitas ini.

Satu catatan pula, kualitas pendidikan tetap menjadi prioritas kami. Untuk itu bagi mereka yang masuk di kelas tersebut akan diabsen. Jika tiga kali tidak hadir mengikuti perkuliahan tanpa alasan yang jelas, maka kami keluarkan,” ingatnya. Saat ini tercatat 90 mahasiswa penerima fasilitas bebas SPP 100 persen. Ditambah tidak kurang 500 mahasiswa umum yang menimbah ilmu di perguruan tinggi tersebut. Mereka yang mendapat fasilitas bebas SPP ini, bisa menghemat Rp 8 juta hingga Rp 10 juta.

Kebanyakan mereka berasal dari Enrekang, Takalar, dan Maros. “Sebenarnya kami terbuka kepada daerah mana saja. Hanya kebetulan saja daerah tersebut yang terbanyak masyarakatnya mendaftar di sini,” tambah Humas STIMLASH Jaya Iwan Perwira. Untuk pendaftaran kelas bebas SPP 100 persen, pihak STIMLASH Jaya membuka pendaftaran dari Mei hingga 21 November mendatang. Soal staf pengajar perguruan tinggi itu telah memiliki empat dosen berijasah S3. Bahkan salah satu dosen menerima beasiswa dari Pemprov Sulsel untuk meraih gelar Phd di New Zealand, sedang dosen lainnya rata-rata berijazah S2.