Dosen STIM Lasharan Jaya Makassar Amsal Sahban Lolos Asesor BAN-PT

PEDOMAN RAKYAT, MAKASSAR — Dosen Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen (STIM) Lasharan Jaya Makassar, Muhammad Amsal Sahban PhD, berhasil lolos sebagai Asesor Badan Akreditasi Nasional Pergurua Tinggi (BAN-PT) berdasarkan Surat Keputusan Nomor 002/BAN-PT/SK/V/2023 tentang Nama Calon Asesor BAN-PT yang Dinyatakan Lulus Seleksi Tahun 2023.

Surat keputusan tentang kelulusan itu ditandatangani oleh Direktur Dewan Eksekutif BAN-PT, Prof Ari Purbayanto PhD, pada 10 Mei 2023 di Jakarta.

Asesor adalah tenaga profesional yang telah memenuhi syarat untuk diangkat dan ditugaskan oleh Dewan Eksekutif (DE) BAN-PT.

“Alhamdulillah, saya lolos menjadi asesor BAN-PT,” ungkap Amsal Sahban kepada wartawan di Makassar, Sabtu, 13 Mei 2023.

Pengumuman hasil seleksi ini, katanya, menjadi kebanggaan bagi STIM Lasharan Jaya dan sekaligus bukti bahwa kualitas akademi di STIM Lasharan Jaya Makassar termasuk bagus dan mampu bersaing dengan perguruan tinggi lainnya, baik di Makassar maupun secara nasional, termasuk dengan perguruan tinggi negeri.

“Saya menjadi asesor dalam bidang manajemen,” kata Amsal.

Muhammad Amsal Sahban PhD adalah seorang dosen manajemen yang memilik banyak publikasi ilmiah dalam bidang manajemen bisnis dan kewirausahaan. Amsal juga berpengalaman sebagai trainer olah data penelitian kualitatif dan kuantitatif.

Selain itu, Amsal juga memiliki wawasan yang luas dalam hal pengelolaan dalam bidang administrasi umum dan keuangan kampus. Dengan kemampuannya itu, Amsal dipercaya oleh BAN-PT mampu mengemban amanah sebagai asesor dalam bidang manajemen.

“Tidak mudah lolos menjadi asesor BAN-PT, karena seleksinya sangat ketat dan benar-benar professional,” kata Amsal.

 

Ahli Analisis Data Statistik

Amsal yang kelahiran Jakarta, 21 January 1977, memperoleh gelar Sarjana Ekonomi (SE) Pembangunan dari Universitas Sahid, Jakarta, tahun 2003. Ia kemudian meraih gelar Magister Manajemen (M) pada tahun 2008 dari STIMA IMMI Jakarta.

Pada tahun 2016, Amsal menerima gelar PhD atau doktor dalam bidang Manajemen Sumber Daya Manusia dari OYA Graduate School of Business, Universiti Utara Malaysia.

Amsal telah terlibat dalam perkuliahan dan penelitian sejak tahun 2009, dan terus menggali pengetahuan tentang penelitian dan penulisan jurnal. Ia juga telah berhasil memperoleh kualifikasi Associate

Professor di bidang metodologi penelitian dan statistika pada Desember 2020, yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan Tinggi Indonesia.

Dosen senior di STIM Lasharan Jaya Makassar pun berpengalaman dalam metodologi penelitian dan analisis statistik untuk penelitian dalam bidang manajemen, ekonomi dan bisnis.

Amsal adalah salah satu Founding fellow di Centre for Sustainability Research and Consultancy (CSRC) yang berlokasi di Malaysia, yang telah berhasil menyelenggarakan berbagai konferensi internasional di Malaysia, Pakistan, dan Indonesia sejak tahun 2015.

Dengan bekal pengalaman lebih dari lima tahun dalam pengajaran dan penelitian, Amsal juga telah menerbitkan sejumlah publikasi yang baik di Scopus, dan jurnal dengan peringkat dampak tinggi.

Ia mendapat amanah sebagai Pemimpin Redaksi Jurnal Aplikasi Manajemen, Ekonomi dan Bisnis, serta ditugaskan sebagai editor di International Journal of Business and Social Review in Emerging Economies.

Amsal juga telah berpengalaman sebagai fasilitator workshop Analisis Data Statistik untuk Penelitian menggunakan SPSS, PLS, Atlas.ti dan AMOS, di berbagai universitas yang berlokasi di Jakarta, Surabaya, Lampung, Makassar, dan banyak kota lainnya, termasuk sebagai pembicara pada workshop pre-conference bertajuk “The 3rd International Conference on Accounting, Management and Economics (ICAME-2018)” di Universitas Hasanuddin, Makassar. (win)