Tingkatkan Kualitas Mahasiswa, Kampus Stimlash Kerjasama Dengan NIU Chicago Amerika Serikat

http://Tingkatkan Kualitas Mahasiswa, Kampus Stimlash Kerjasama Dengan NIU Chicago Amerika Serikat

 

Dikutip dari : Jakarta, satukata.id –

Kombes Pol Dr. M. Arsal Sahban, SH, SIK, MH, MM yang saat ini berprofesi sebagai Dosen Utama di STIK-PTIK ternyata sangat konsen di dunia pendidikan. Ia salah satu pendiri dan anggota Yayasan Pendidikan Lasharan Jaya Makassar yang menaungi Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Lasharan Jaya (Stimlash).

Stimlash sendiri saat ini telah membuka program studi S1 dan S2 bidang manajemen.

Baru-baru ini Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Lasharan Jaya melakukan kerjasama dengan Nothern Illinois University (NIU) yang berada Chicago Amerika Serikat. NIU sendiri merupakan salah satu State University terbaik di Dunia, dimana masuk dalam Tier 1.

Perjanjian kerjasama di tandatangi oleh Direktur Executif Global Institute Northern Illinois University (NIU) Chicago Amerika Serikat, Eric Jones, Ph.D dengan Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Lasharan Jaya Dr. Hernita, SE, MM bertempat di kampus Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Lasharan Jaya di Jalan Abdullah Daeng Sirua no. 106 Makassar pada hari Jum’at (20/1/23).

Disela-sela penandatangan tersebut, Kombes Pol Dr. M. Arsal Sahban, SH, SIK, MH, MM selaku pendiri Stimlash yang di hubungi di tempat terpisah mengatakan, kerjasama ini bertujuan untuk peningkatan Sumber Daya Manusia baik Dosen maupun mahasiswa Stimlash. Bentuknya nanti berupa pertukaran mahasiswa dan kerjasama dibidang penelitian.

“Kami ingin meningkatkan SDM lulusan Stimlash yang tidak hanya baik dan unggul tapi juga berwawasan internasional,” kata pria yang saat ini berprofesi sebagai Dosen Utama di Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian PTIK di Jakarta.

Arsal menambahkan, Sebenarnya, kerjasama ini menguatkan kembali MoU yang terjalin tahun 2014 lalu, dengan memasukkan beberapa point tambahan yang intinya memperluas ikatan ilmiah dan kerjasama akademik yang lebih erat. “Saat itu kami yang ke Amerika, yang di wakili oleh kakak saya. Sekarang mereka yang datang ke kampus Stimlash,” ujar Arsal.

Pada kesempatan tersebut Direktur Executif Global Institute Northern Illinois University (NIU) Chicago Amerika Serikat, Eric Jones, Ph.D mengatakan kedepannya akan ada kerjasama dalam bidang akademik dengan mengirim mahasiswa dan dosen STIMLASH untuk belajar di NIU dan kami dari NIU juga bisa mengirimkan mahasiswa atau dosen kami untuk belajar bahasa dan kebudayaan indonesia, selain itu juga bisa kerjasama dalam penulisan jurnal internasional.

“Kami juga akan membantu STIMLASH menerbitkan surat penerimaan bagi mahasiswa atau dosen yang berminat ke Amerika untuk studi. Semoga secepatnya terjadi pertukaran pelajar maupun dosen dari NIU ke STIMLASH ataupun sebaliknya ,” ujarnya.

Dr Hernita, SE, MM selaku Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Lasharan Jaya mengatakan, selain meningkatkan mutu kampus dan mahasiswa strata satu dari STIM Lasharan, mereka juga akan menjalin kerjasama pengembangan pasca sarjana S2 Magister Manajemen yang baru kami buka pada tahun 2023 ini.

Kedatangan Eric Jones, Ph.D ke Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Lasharan Jaya didampingi Dani Muhtada, Ph.D Dosen Universitas Negeri Semarang yang juga Pimpinan Pesantren Riset Al Muhtada, Semarang.

Prof. Eric Jones datang ke Indonesia dengan agenda untuk mengembangkan kerjasama dengan beberapa institusi dan kampus di Indonesia.

Prog. Eric Jones merupakan profesor di Northern Illinois University, dan sedang menjabat sebagai Direktur Eksekutif untuk kerjasama internasional (Global Initiatives).

Kegiatannya di Indonesia direncanakan ke Makassar, Yogyakarta dan Jakarta. Di Makassar agendanya bertemu dengan Pemerintah Kota Makassar serta menjalin kerjasama dengan beberapa universitas antara lain Universitas Hasanuddin dan sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Lasharan Jaya.

Sementara di Yogyakarta diagendakan akan bertemu dengan Gusti Mangkubumi serta menghadiri konferensi internasional kerjasama NIU dg Universitas Widya Mataram di yogyakarta (24-25/01), dan agenda di Jakarta di rencanakan bertemu dengan DPD RI dan KPU RI. (Ian Rasya)