PKM Inovasi Pengolahan Produk Virgin Coconut Oil (VCO) Dalam Meningkatkan keterampilan dan Pendapatan Keluarga Bagi Masyarakat Pulau Satangnga Desa Mattiro Baji Kecamatan Kepulauan Tanakeke Kabupaten Takalar.

Satangnga, merupakan pulau kecil yang berada di desa Mattiro Baji kecamatan Tanakeke Kabupaten Takalar. Dengan sumber daya alam yang melimpah yakni salah satunya kelapa, sehingga pengabdi atau tim dosen dari perguruan tinggi Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Lasharan Jaya tertarik untuk melaksanakan tridarma (Pengabdian) dengan tim pengabdi yaitu Sudarmi, S.Pd., M.Pd. sebagai ketua dan para anggota yaitu; Yasni, S.E., M.Si., Nurhidayanti, S,E., M.Si., Muharram, S.E., M.M., dan Rilfan Kasi’Ranteta’dung, S.E., M.M. (2 Agustus 2023).

Pengolahan kelapa menjadi minyak VCO sudah dilakukan oleh warga pulau Satangnga, namun terkendala dalam proses produksi dan belum memiliki kemampuan manjemen usaha serta pemasaran yang luas, sehingga secara finansial hasil yang diperoleh untuk memenuhi kebutuhan hidup tidak maksimal, oleh karena itu menjadi keprihatinan bagi Sudarmi, S.Pd., M.Pd. dan beberapa dosen dari perguruan tinggi STIMLASH untuk membantu atau memberikan inovasi dalam pengolahan VCO. Kegiatan PKM yang dilakukan yakni Inovasi Pengolahan Produk VCO dalam Meningkatkan Keterampilan bagi masyarakat pulau Satangnga sehingga dapat meningkatkan pendapatan keluarga.

Menurut ketua pengabdi, kegiatan ini tidak hanya melibatkan dosen tetapi melibatkan juga beberapa mahasiswa yang membantu proses pelaksanaan kegiatan PKM. Salah satu warga pulau Satangnga yakni Ibu Hajra Daeng Sugi juga sebagai ketua kelompok UMKM Passe’reanta sangat senang dengan kedatangan dosen-dosen STIMLASH karena dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan kesejahteraan penduduk serta meningkatkan keterampilan ibu-ibu rumah tangga pulau Satangnga.

Sumber: DETIJ | Berita Viral Terkini.
https://detij.com/pkm-inovasi-pengolahan-produk-virgin-coconut-oil-vco-dalam-meningkatkan-keterampilan-dan-pendapatan-keluarga-bagi-masyarakat-pulau-satangnga-desa-mattiro-baji-kabupaten-takalar